Monday, June 19, 2017

Cara melihat Vram Pada Komputer All Windows



Mungkin agan yang masih pemula di bidang IT bingung dengan sebutan Vram. Menurut Wikipedia Vram Atau Video Ram adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang akan ditampilkan ke layar monitor yang bertindak sebagai 'tempat penyimpanan sementara gambar'  antara CPU dan GPU.  pada masa sekarang Vram pada GPU komputer sangat besar,Antara lain : 2 GB, 4GB, bahkan ada yang 8 GB.

Semakin Besar kapasitas Vram dalam GPU maka kinerja GPU semakin bagus dalam mengolah gambar dengan kata lain bisa mencegah adanya Lag pada game. loh kok cuma Vram doang gan ? maksud dari penyataan saya disini itu juga di imbangi oleh kekuatan GPU itu sendiri seperti ( Memory Clock, CUDA cores, DirectX Support, Architecture, Base GPU Clock dll).
 
Agan mungkin mengetahui istilah Vram dari bermain game di Komputer Khususnya game PES yang membutuhkan Vram besar saat menjalankan game nya. Namun, kebanyakan pengguna awam masih belum mengerti caranya mengecek Vram dalam komputer mereka, saya kali ini akan membagikan cara mengecek Vram dikomputer dengan sangat mudah.

Cara Mengecek Vram pada Komputer


1. Cara Pertama

agan bisa mengecek keseluruhan Vram lewat Direct X atau Dxdiag

caranya cukup mudah
agan Tinggal tekan tombol Windows + R dan seketika muncul sebuah kolom pencarian, nah agan tinggal ketik aja "Dxdiag" tanpa tanda kutip ke kolom pencarian tadi. Gambarnya seperti dibawah ini

Cara Mengecek Vram Pada Komputer All Windows

nah seketika muncul sebuah program yang menyajikan berbagai spesifikasi komputer agan mulai dari nama Komputer sampai jenis Direct yang kita pakai. Eits belum selesai disitu gan, agan lalu tinggal klik tab display dan jreng jreng keluar informasi mengenai GPU agan. yang saya kasih panah adalah Kapasitas GPU.


Cara Mengecek Vram Pada Komputer All Windows


2. Cara Kedua

Game PES melihat Vram bukan dari Vram Keseluruhan seperti cara diatas, tetapi melihat dari kapasitas 'asli' GPU tersebut.
loh gan maksudnya kapasitas asli itu gimana ? jadi gini Vram komputer itu ada dua yaitu Vram keseluruhan ( Vram Gpu asli + tambahan dari RAM) dan Vram Asli GPU (dedicated Vram).

Seperti kata saya diatas, semakin besar Vram maka kekuatan Gpu untuk menampilkan gambar semakin bagus (juga diimbangi spesifikasi GPU itu juga). pernyataan saya ini mengacu pada Vram Asli Gpu agan.

Lalu caranya gimana gan ?

pertama agan klik kanan pada layar desktop agan, lalu pilih screen resolution, Setelah itu agan akan ditampilkan dengan pengaturan layar desktop komputer, agan pilih aja Advenced Setting

Cara Mengecek Vram Pada Komputer All Windows
pilih advanced settings


dan tadaa, informasi GPU agan akan ditampilkan dilayar komputer mulai dari Vram keseluruhan sampai Vram Shared Memory ( Vram yg diambil dari RAM komputer)
Cara Mengecek Vram Pada Komputer All Windows
cuma 64 Mb :'v



Kesimpulan


Dari cara diatas kita jadi tau berapa Vram Gpu yang ada di komputer kita. Jadi hal ini bisa menjadi tolak ukur untuk agan supaya lebih bisa memperhatikan sisi GPU agan Khususnya yang mau beli GPU baru. Seperti biasa jika agan masih bingung, bisa ditanyakan lewat kolom komentar dibawah. Semoga informasi yang saya tulis ini bermanfaat bagi agan semua.

6 komentar

thanks gan infonya, sangat bermanfaat :)

wah thanks kang infonya, agak susah nemuin cara lihatnya, tapi trik nya work gan, makasih :D

Ini wajib tau bagi yg mau beli gpu baru #pengalaman

Ane pernah sekali ngeeccek di app

mayan nih buat tambah2 wawasan hhe.

Dilarang untuk spam
Komentar sesuai topik diatas
EmoticonEmoticon