Saturday, September 10, 2016

5 Aplikasi android yang boros kuota






Sekarang banyak pengguna android yang mengeluh mengenai isi kuota yang cepat habis. Tanpa kita sadari, ada beberapa aplikasi android yang telah menguras kuota. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang dapat membuat kita membuat kita berpikir 2X untuk menggunakannya.

beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah

1. Youtube


yap, siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi besutan google ini. aplikasi ini memungkinkan agan untuk menonton video dari seluruh dunia. tapi sayangnya fitur video  dalam aplikasi tersebut membuat kuota agan cepat habis. Ini disebabkan karena Video diputar secara Auto HD. ingat kata kata ini sob "Semakin jernih suatu video, maka semakin banyak pula kuota yang dihabiskan".


Cara untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah yaitu agan tinggal tekan 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih setelan dan pilih umum. Selanjutnya agan tinggal aktifkan Batasi Penggunaan data selular.

2. Instagram

Aplikasi pengunggah foto yang sedang populer ini memang patut diwaspadai. kenapa tidak ? aplikasi tersebut memiliki fitur Foto dan auto play video. saya juga dulu sempat kaget ketika mengetahui kuota saya terkuras akibat aplikasi yang satu ini :'v. saya sarankan untuk agan yang memiliki kuota terbatas untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut lama - lama.

Cara mengatasinya pun cukup mudah, seperti cara diatas yaitu membatasi penggunaan data selular lewat pengaturan instagram

3. Facebook

media sosial yang cukup digandrungi masyarakat indonesia inipun terbilang salah satu aplikasi penyedot kuota. berbeda dengan youtube dan instagram, aplikasi ini terbilang tidak terlalu banyak dalam mengambil kuota, ini disebabkan facebook masih banyak teksnya alias medsos jenis teks dibanding dengan Instagram dan Youtube dalam hal video dan foto. Fitur yang membuat Facebook tergolong aplikasi penyedot kuota adalah fitur autoplay Video

Tidak salah juga kita patut waspada dalam menggunakan aplikasi ini, cara mengatasi hal ini yaitu cari pengaturan, lalu pilih pengaturan akun dan pilih opsi video dan foto. selanjutnya tinggal menonaktifkan autoplay tersebut.

4. Twitter



Sama halnya facebook, twitter juga tergolong medsos jenis teks. eits, jangan anggap remeh fitur autoplay Video di Twitter. Fitur tersebut tanpa sadar membuat pengguna twitter kehabisan kuota.

Sama halnya Facebook, Agan juga dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke pengaturan data lalu pilih autoplay hanya saat terhubung dengan WI-FI.

5. Spotify

aplikasi streaming musik yang cukup terkenal ini patut diwaspadai. Dibalik kenikmatan para user android yang menikmati streaming musik secara online ada sisi kegelisahan dalam diri user yang selalu was was dalam hal kuota. yap, ssecara default, sistem spotify menggunakan kualitas streaming yang bagus. seperti youtube, semakin jelas suatu kualitas maka butuh sesuatu yang dikorbankan juga.

Tenang dulu, ada tips ampuhnya nih, yaitu masuk ke pengaturan lalu pilih Streaming Quality lalu atur ke kualitas normal.

Kesimpulan
tidak ada salahnya menggunakan suatu aplikasi yang membutuhkan kuota atau online, tetapi ada kalanya kita juga harus tetap selalu waspada dalam menjaga kuota agar tidak terjadi pemborosan kuota yang signifikan.

12 komentar

paling sering make facebook sih, dan itu beneran berasa banget boros kuaotanya .

Youtube paling banter nyedot nya -_-

Ada tambahan dari saya, ada satu aplikasi dari saya yaitu instagram..

Pantesan kuaota saya boros.aplikasi diatas saya instal dan saya aktifkan semuanya

Dilarang untuk spam
Komentar sesuai topik diatas
EmoticonEmoticon